Total Pageviews

Translate

Sunday, September 20, 2020

That Half An Hour

We had a regional meeting recently and all of us were given a chance to respond to a set of questions provided by the moderators. To be frank, I couldn't remember what the particular question was, but I recalled writing something like this: "eight hours of BAU (Business As Usual) work keeps the light on, but it's the half an hour we invest on thinking that makes a difference."

In order to understand how the sentence came about, I'd have you know that in my line of work, we were always swarmed by IT issues. Our team existed mainly because we were required to troubleshoot issues. Some were straightforward, others could be larger than life. We spent crazy amount of time rectifying the incidents, so crazy that oftentimes, the working hours had long ended before we knew it. 

Now, the most fundamental problem with the situation above is the fact that we were so busy fighting fire and we barely had time to think, let alone execute the plan we had in mind. It was easy to lose our footing and be dragged into the vicious cycle. We could have been going through the motion of fight-solve-repeat on daily basis. 

Then came the day I mentioned earlier. There was something about writing the sentence down, because it lingered in my mind long after the meeting was over. It was as if the truth was revealed and staring back at me. Funny how I never thought of it that way before! All this while, I had been subconsciously doing what I wrote. From time to time, I forced myself to spend time not only thinking, but also doing what I was thinking.

With such a little time that I had, I did things that nobody else cared about (you know how people tend to talk only). I replaced a decade-old SFTP with something new that could be used regionally, I decommissioned unused tables and so forth. I didn't do big things, but the sum of small things that turned out to be useful on our day-to-day activities. And I didn't look back until now.

The point I was trying to make is, I didn't set out to do great things. I just did them as pet projects, regardless how small, and not knowing that I was making changes. As I often said, I wasn't that smart, anyway. But I could do it because I made time and I did it because it was the right thing to do. Reading what I wrote myself made me realise that, apparently, I was making a difference. Good to know!

In a bigger picture, what I discovered is applicable in life, too. I mean, think about it. If you've been doing the same routine everyday and yet it seems like you're going nowhere, perhaps it's time to invest on that half an hour to think and do something different. It could be the life-changing thing you had been looking for...

That stressful corner of mine.
A candid photo by Sneaky Franky.



Setengah Jam Yang Berharga Itu

Baru-baru ini perusahaan mengadakan rapat regional dan setiap manajer diberi kesempatan untuk menjawab beberapa pertanyaan yang telah disiapkan oleh moderator. Saya tidak seberapa ingat lagi tentang pertanyaannya, tapi saya ingat betul tentang satu jawaban yang saya tulis berikut ini: "delapan jam dari BAU (pekerjaan rutin di kantor) memang menjamin kelangsungan usaha, tapi perubahan hanya terjadi ketika kita meluangkan setengah jam untuk berpikir."

Supaya anda mengerti kenapa saya menulis seperti itu, perlu saya jelaskan bahwa di bidang yang saya tekuni, yang namanya masalah IT itu selalu datang bertubi-tubi. Ada saja masalahnya, kadang dari user, kadang dari sistem itu sendiri. Tim saya dibentuk untuk menangani semua ini. Kadang gampang masalahnya, tapi ada juga yang luar biasa rumit. Kita menghabiskan begitu banyak waktu, tidak jarang sampai larut malam ketika perkara besar terjadi.  

Nah, ada satu problem yang paling mendasar dari situasi di atas. Karena kesibukan kita dalam menyelesaikan masalah setiap hari, kita hampir tidak pernah memiliki waktu untuk berpikir panjang, apalagi waktu untuk mengeksekusi apa yang sempat direncanakan. Mudah bagi kita untuk kehilangan pegangan dan terjebak dalam siklus ini. Bisa-bisa kita hanya menghadapi masalah, menyelesaikan masalah dan mengulangi hal yang sama lagi pada keesokan harinya.

Kemudian tibalah hari yang saya sebutkan di atas. Sesuatu terjadi ketika saya menuliskan kalimat tersebut, sebab saya jadi selalu memikirkannya bahkan lama setelah rapat usai. Kalimat ini bagaikan sebuah kebenaran yang tersingkap. Lucu rasanya bahwa saya tidak pernah berpikir seperti ini sebelumnya. Selama ini, saya tanpa sadar mengerjakan apa yang saya tulis. Saya menyempatkan diri bukan hanya untuk berpikir, tetapi juga melaksanakan apa yang ada di benak saya. 

Dengan sedikit waktu yang saya miliki, saya mengerjakan hal-hal yang diabaikan orang lain (anda tahu bagaimana orang seringkali hanya cuap-cuap saja, tapi tidak ada aksi). Saya mengganti SFTP usang yang sudah berusia 10 lamanya sehingga kantor-kantor di negara lain pun bisa menggunakannya. Saya melihat kembali tabel-tabel data dan saya bersihkan apa yang tidak diperlukan lagi. Selain itu, masih banyak lagi hal-hal serupa yang telah saya kerjakan. Saya tidak mengerjakan hal-hal besar yang membuat orang terpana, melainkan hal-hal sederhana yang kemudian terbukti berguna untuk aktivitas sehari-hari. 

Apa yang ingin saya sampaikan di sini adalah, saya tidak berpikir bahwa apa yang saya kerjakan akan mengubah IT secara drastis. Saya hanya mengerjakan apa yang saya bisa, tidak peduli seberapa kecil, dan saya tidak berpikir bahwa saya sedang membuat perubahan. Seperti yang sering saya katakan, saya tidak sepintar itu. Namun yang penting adalah saya bisa melakukan sesuatu karena saya meluangkan waktu dan saya mengerjakannya karena ini benar dan harus dikerjakan. Ketika saya membaca kembali apa yang saya tulis di saat rapat, saya jadi tertegun. Ternyata saya sedang membuat perubahan!

Pengalaman ini membuat saya sadar bahwa konsep serupa juga bisa diterapkan bukan hanya di IT, tetapi juga di dalam hidup ini. Coba anda pikirkan. Jika anda sudah melakukan rutinitas yang sama setiap hari dan sepertinya anda tidak tambah maju, mungkin anda perlu menyisihkan setengah jam untuk berpikir kembali dan melakukan sesuatu yang berbeda. Bisa jadi inilah perubahan yang sudah anda nantikan tanpa sadar selama ini...

No comments:

Post a Comment