Total Pageviews

Translate

Monday, May 15, 2017

Jalan-Jalan Hemat Di Singapura

Singapura, bagi sebagian besar orang Indonesia, mungkin sudah tidak asing lagi. Negara tetangga ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit selain karena lokasinya yang dekat, juga karena adanya berbagai obyek wisata yang menarik serta sarana transportasi yang praktis, aman dan nyaman. Namun karena Singapura relatif kecil, pengunjung yang sudah 2-3 kali ke sini mungkin mulai bingung, tempat mana lagi yang harus dikunjungi. Melihat patung Merlion? Sudah. Mengunjungi Singapore Zoo dan River Safari? Sudah. Shopping di Orchard? Sudah. Menikmati pulau Sentosa berikut Universal Studio? Sudah. Mengunjungi Garden By the Bay? Juga sudah. Mana lagi tempat menarik yang bisa dikunjungi?

Masih banyak tempat atau aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Singapura, yang tidak menghabiskan banyak uang atau bahkan gratis. Penasaran? Berikut beberapa alternatif tempat atau aktivitas yang bisa dilakukan jika anda mengunjungi Singapura bersama keluarga selama beberapa hari:
1. Jalan-jalan di sepanjang area Marina Bay. Di sini kita dapat menikmati pemandangan sungai dan gedung-gedung tinggi. Banyak spot foto yang bagus atau istilah kerennya instagramable. Sebaiknya aktivitas ini dilakukan di waktu sore menjelang malam hari. Ketika matahari mulai tenggelam, langit berubah warna dan gedung-gedung mulai menyalakan lampunya. Jangan lewatkan juga kesempatan untuk melihat water and light show di depan Marina Bay Sands (MBS). Sinar laser warna-warni yang disorot pada layar air menampilkan pertunjukan cahaya yang menakjubkan dengan iringan musik yang merdu. Pertunjukan ini ditampilkan setiap malam pada pukul 8.00 dan 9.30. Kabar baiknya, pertunjukan ini GRATIS :)



2. River cruise di sekitar area Marina BayAnda dapat menyeberang dari kawasan Marina Bay menuju patung Merlion menggunakan perahu. Jika anda menginginkan rute yang lebih panjang, anda dapat menggunakan river taxi dengan biaya S$5 yang melalui lima perhentian: Esplanade, Boat Quay, Clark Quay, Clemenceau dan Robertson Quay. Alternatif lain adalah River Cruise menggunakan Bumboat selama 40 menit dimana anda dapat menikmati pemandangan kota Singapura di sepanjang sungai sambil mendengarkan penjelasan tour guide mengenai sejarah kota Singapura. Tiket River Cruise cukup premium yaitu $25 per orang (dewasa).

3. Menikmati Singapore Botanical Garden. Singapura dikenal sebagai the Green City karena banyaknya penghijauan dan taman di seluruh penjuru kota. Singapore Botanical Garden adalah salah satu taman tertua dan terbesar di Singapura dengan koleksi tumbuh-tumbuhan yang sangat lengkap, penataan taman yang indah dan lapangan rumput yang sangat luas. Pada tanggal 4 Juli 2015, Singapore Botanical Garden mendapat pengakuan internasional sebagai UNESCO Heritage Site. Selain menikmati taman yang indah, anda juga dapat piknik di sana dan anak-anak tentunya senang berlari-lari di padang rumput. Mereka juga dapat belajar mengenal alam di Jacob Ballas Children Garden dan bermain air. Kecuali bagian Orchid Garden, semua tempat gratis untuk dinikmati di Singapore Botanical Garden.


4. Bermain air. Hampir semua anak senang bermain air. Singapore menyediakan banyak tempat bermain air untuk anak. Sebagian memerlukan tiket seperti Adventure Cove (tempat main air terbaru di Sentosa), Port of Lost Wander, Wild Wild Wet atau Rainforest Kidzworld di Singapore Zoo. Di samping itu, ada banyak juga tempat bermain air yang gratis seperti Children Garden di Garden by the Bay, Sky Park di Vivo City dan tempat bermain air di mall besar seperti KidzPlay di Nex Mall Serangoon,  Splash N Surf di Kallang Mal dan Happy Park di Waterway Point Mal Punggol.


4. Mengunjungi museum. Kalau kita mendengar kata museum, mungkin yang terbayang adalah tempat yang membosankan. Akan tetapi Singapura mempunyai banyak museum yang modern dengan aktivitas menarik terutama untuk anak-anak. Salah satu museum terbaru yang mempunyai bagian khusus untuk anak-anak adalah National Gallery Singapore. Anak saya yang berumur 4 tahun sangat menyukai museum ini. Dia sudah mengunjungi museum ini selama 3 kali dalam jangka waktu 4 bulan saja.  Museum ini mempunyai bagian khusus untuk anak yaitu Keppel Centre for Art Education yang menyediakan berbagai kegiatan yang dapat menstimulasi kreativitas dan keingintahuan anak. Tidak diperlukan tiket untuk masuk ke Keppel Centre, dengan kata lain GRATIS :)



5. Mengunjungi perpustakaan. Sama halnya dengan museum, perpustakaan di Singapura juga sangat modern dengan arsitektur yang indah, ruangan ber-AC yang nyaman dan koleksi buku yang sangat lengkap. Selain buku juga tersedia majalah, surat kabar dan CD. Mereka mempunyai bagian khusus untuk anak-anak dengan dekorasi yang juga menarik untuk anak. Singapura mempunyai lebih dari 20 perpustakaan umum yang tersebar di seluruh penjuru kota. Pusat utamanya adalah the National Library di Bugis. Dengan luas 11 hektar dan bangunan 16 tingkat dapat dibayangkan besar dan lengkapnya perpustakaan ini. Perpustakaan Singapura benar-benar surga untuk para pecinta buku. Pastikan anda mempunyai cukup banyak waktu jika ingin menikmati perpustakaan di sini.


6. Hiking. Jika anda pecinta alam, jangan lewatkan kesempatan untuk berolahraga sekaligus menikmati keindahan alam Singapura. Ada banyak tempat hiking yang menarik di Little Red Dot ini, beberapa yang terkenal adalah Southern Ridges, MacRitchie Reservoir Park dan Bukit Timah Nature Reserve. Southern Ridges adalah lintasan yang menghubungkan 5 taman, salah satunya yang menghubungkan Mount Faber dengan Telok Belangah Hill Park dikenal dengan sebutan Henderson Waves, jembatan pejalan kaki tertinggi di Singapura dengan arsitektur gelombangnya yang terkenal. Teramat sangat instagramable pula tentunya.


7. Shopping. Berkunjung ke Singapura rasanya tidak lengkap tanpa shopping. Buat yang berdompet tebal, tentunya shopping di Orchard yang menjadi pilihan. Namun jika kita ingin sedikit lebih hemat, ada banyak alternatif mal-mal lain yang bisa dikunjungi. Hampir di setiap stasiun MRT besar terhubung dengan mal, seperti Plaza Singapura di Dhobby Ghaut MRT, Nex di Serangoon MRT, Jurong Point di Boon Lay MRT, atau Bugis Junction di Bugis MRT. Di seberang Bugis Junction juga ada Bugis Village yang menyediakan banyak souvenir murah meriah. Kalau anda menginginkan branded products dengan harga miring, datanglah ke IMM Mall, branded products factory outlet  di dekat Jurong East MRT.

Aktivitas-aktivitas di atas dapat menjadi pilihan anda jika anda tinggal cukup lama (satu minggu atau lebih) di Singapura. Namun jika waktu anda terbatas (2-3 hari) dan ini kunjungan anda pertama ke Singapura, ada baiknya melakukan city tour dan mengunjungi landmark dan obyek wisata utama di Singapura terlebih dahulu.

Sebelum saya akhiri artikel ini, berikut ini beberapa tips untuk anda yang ingin berkunjung ke Singapura:
1. Hotel di Singapura relatif mahal apalagi yang berada di pusat kota. Carilah hotel di dekat stasiun MRT (tidak perlu di pusat kota, yang penting dekat dengan stasiun MRT). Ini akan memudahkan anda untuk mengunjungi banyak tempat di Singapura karena hampir semua tempat terhubung oleh MRT. Selain hotel, mungkin ada juga bisa mempertimbangkan mencari tempat penginapan melalui AirBnB.
2. Meski wifi tersedia di banyak tempat di Singapura, akan lebih mudah jika anda mengambil paket internet dari provider terkemuka di Singapura seperti Starhub, Singtel atau M1. Harga data plan normal Starhub $18 dimana anda mendapat akses internet selama 5 hari, 2GB per hari. Silahkan cek harga paket lainnya di counter Starhub/Singtel/M1 yang terdapat di mal-mal atau di 7 Eleven. 
3. Belilah air mineral di supermarket seperti Fair Price, Sheng Shiong atau di Watson/Guardian. Harganya bisa 50-70% lebih murah dibanding air mineral di 24 hours convenience store.
4. Jika anda ingin menghemat, belilah makanan di hawker centre, bukan di restoran. Harga seporsi economical rice berkisar antara $4-6 (1 porsi daging dan 2 macam sayur).
5. Gunakan kartu ez-link untuk bepergian menggunakan MRT atau Bus. Untuk tempat-tempat yang tidak dapat dicapai oleh MRT/Bus, anda dapat menggunakan taksi, Grab atau Uber. 

No comments:

Post a Comment