Total Pageviews

Translate

Tuesday, November 21, 2017

At The Zoo

Outdoor activities such as jungle trekking is way too challenging for me, definitely something that I won't plan for my holiday, but on the other hand, I'm always fascinated by the wildlife. This perhaps explains why zoo visit is often featured in my travelling itinerary. It's like the best way to see tiger without getting mauled by it.

Three brave men and a tiger. Good for them, but I'd prefer to keep some distance!
Photo owned by Bernard Lau.

The lifelong interest was triggered by my Mum. After many bedtime stories about the animals, she eventually brought me to see the real deal. I vaguely remember the Pontianak Zoo, located on Jalan Adi Sucipto, nearby the advertisement board that shaped like a giant tin can of Dancow milk powder. The crocodile looked menacing in its watery cage and there were few bears in the pit. The zoo was very old school and, for the fact that it was badly designed and poorly maintained, perhaps it's a good thing that it is now closed down permanently.

Though it was awful by today's standard, the visit to the Pontianak Zoo had a lasting impression. I was in awe since then, always eager to come back for more and zoo visits quickly became the highlights of my childhood. My next recollection, for the longest time, was this memory of seeing a polar bear in Jakarta. I remember wondering how the polar bear was going to survive the tropical weather, so was the memory real or was I just dreaming then?

First visit to Taman Safari.

It was real, apparently, but I used to think that the zoo was Ragunan, therefore it didn't seem right, because Jakarta was so hot and humid that the polar bear could melt and die of dehydration. Thanks to Wikipedia, I figured out recently that Taman Safari did house polar bears in the past. It made sense, since the weather was cool. Located in Bogor, Taman Safari was the animal theme park where we had to drive through, because the animals roamed freely. It was a brilliant experience, but yet it took me another two decades before I got a chance to visit such theme park again, this time the sequel of the original Taman Safari in East Java, haha.

With Setia (middle) and Alfan (right), visiting Taman Safari II in East Java.
Photo by Endrico Richard. 

Meanwhile, the journey continued and it brought me to the best zoo to date: the Singapore Zoo. I remember visiting Jurong Bird Park at the same time, but apart from the penguins enclosure, I didn't find the bird park enjoyable. Singapore Zoo was the impressive one and throughout the years, it kept evolving and spawning new attractions such as Night Safari and River Safari. The former is like visiting a zoo at night, definitely unique as some animals are nocturnal, which means they are only active after dark. The latter has a river theme with panda's enclosure slotted in the middle of it.

Jurong Bird Park? It looks like one, but I think this was me at the Singapore Zoo.

As an adult, I went to many zoos, from Malacca Zoo to Yangon Zoo. Now, if Singapore Zoo is the best, why would I bother to visit others? First of all, it was only through those visits I ended up concluding that Singapore Zoo is still ranked as number one thus far. Secondly, not even Singapore Zoo has all the animals that I'd like to see. For example, I went all the way to Tama Zoo just because I wanted to see the majestic African elephants (as a bonus, it also had Indian rhinos there). At Ueno Zoo, I saw gorillas for the first time. Same goes for Bactrian camel and takin that I saw at Nanning Zoo and Guangzhou Zoo respectively. Furthermore, the climate varied from one place to another. I had this idea that the animals could behave differently due to this. This theory might or might not be true, but when I was in Guangzhou Zoo during Chinese New Year, I heard the tiger growling from afar for the first time ever and it was loud! To think that it was just a growl and the tiger hadn't roared yet! Anyway, I think the big cat was hungry due to the cold weather in the beginning of spring season, haha.

It was a pity that I didn't go to the London Zoo, one of the oldest zoos in the world, but hopefully I'll have the chance one day. However, if there's one in the bucket list right now, it has to be the Biblical Zoo in Jerusalem. With such a biblical name, I guess it can't go wrong. Is there anybody keen for a trip to Israel?

Joseph and I, at the Yangon Zoo.


Di Kebun Binatang

Saya tidak termasuk peminat aktivitas yang terlalu menantang seperti mendaki gunung atau menjelajah hutan, jadi saya tidak pernah merencanakan kegiatan yang ekstrim seperti itu tatkala berlibur. Kendati begitu, di satu sisi, saya selalu menyukai dunia fauna sehingga kebun binatang seringkali menjadi salah satu tempat tujuan perjalanan saya. Bagi saya, kebun binatang adalah tempat ideal untuk menyalurkan hobi tanpa resiko diterkam harimau.

Minat yang satu ini ditanamkan sejak dini oleh ibu saya. Dia suka mendongeng tentang gajah, jerapah dan hewan lainnya sewaktu saya masih balita, kemudian dia membawa saya berkunjung ke kebun binatang untuk pertama kalinya. Kalau saya tidak salah mengingat, Kebun Binatang Pontianak terletak di jalan Adi Sucipto, tidak jauh dari papan iklan berbentuk kaleng susu Dancow. Buayanya berendam dalam air dan dikurung di balik jeruji besi. Selain itu ada juga kandang yang berbentuk seperti sumur sehingga kita harus memanjat dan melihat beberapa beruang di bawah sana. Kebun binatang yang kecil, tidak hewani dan juga tidak terawat ini sekarang telah ditutup selamanya.

Junaidi dan jerapah, sewaktu kita berkunjung ke Kebun Binatang Bandung.

Meski terlihat buruk untuk standar masa kini, kunjungan ke Kebun Binatang Pontianak itu memberikan kesan pertama yang abadi. Sejak itu saya terkesima dengan fauna dan tidak pernah menolak bila diajak ke kebun binatang. Kenangan saya yang berikutnya adalah ingatan tentang beruang kutub di Jakarta. Saya ingat betul bahwa saat itu saya merasa heran, bagaimana bisa beruang kutub bertahan di daerah tropis, jadi apakah kenangan itu benar terjadi atau saya hanyalah bermimpi?

Setelah diselidiki, saya tidak sepenuhnya salah ingat, namun selama ini saya selalu menyangka bahwa saya melihat beruang kutub di Ragunan, oleh karena itu terasa tidak masuk akal, sebab Jakarta sangat panas dan bisa-bisa beruang kutub itu mati meleleh karena cuaca di Jakarta. Berkat Wikipedia, saya akhirnya menyadari bahwa kenangan itu terjadi di Taman Safari. Karena letaknya yang tinggi di daerah pegunungan, iklimnya dingin dan tidak terlalu buruk untuk beruang kutub. Taman Safari terletak di daerah Bogor dan merupakan taman yang dijelajahi dengan mobil karena hewan-hewannya bebas berkeliaran. Sungguh pengalaman yang berbeda dari kebun binatang biasa, namun saya hanya berkesempatan untuk mengunjungi Taman Safari lagi dua puluh tahun kemudian, kali ini kita ke Taman Safari II di Jawa Timur, haha.

Dari kiri: Markus, Endrico, Lina, Andy, Alfan, Anthony. Fendy dan Sugi.

Sementara itu, petualangan terus berlanjut dan saya akhirnya mengunjungi kebun binatang terbagus sampai sejauh ini: Kebun Binatang Singapura. Saya juga berkunjung ke Jurong Bird Park pada saat yang hampir bersamaan, namun selain pesona kandang penguin yang terbuat dari kaca, saya cenderung tidak begitu menyukai taman burung. Kebun Binatang Singapura jauh lebih berkesan, selalu berinovasi dan telah melahirkan dua tempat wisata baru. Yang pertama adalah Night Safari, kebun binatang malam hari yang tentunya unik karena menampilkan binatang yang aktif di malam hari, sedangkan River Safari adalah kebun binatang dengan tema sungai dan juga memiliki kandang khusus untuk panda.

Yani dan Linda di River Safari.

Setelah dewasa, saya masih tetap mampir ke berbagai kebun binatang, mulai dari yang di Malaka sampai dengan yang di Yangon. Nah, jika yang di Singapura adalah kebun binatang terbagus, kenapa saya masih saja mengunjungi kebun binatang lainnya? Pertama-tama perlu dijelaskan bahwa saya bisa berkesimpulan bahwa Singapura memiliki kebun binatang terbaik karena saya mempunyai perbandingan setelah melihat yang lain.

Kedua, perlu ditekankan juga bahwa kebun binatang terbaik pun tidak sanggup mengoleksi semua fauna. Karena alasan inilah saya tetap mengeksplorasi kebun binatang lainnya. Misalnya saja, sewaktu berada di Jepang, saya mampir ke Kebun Binatang Tama karena ingin melihat gajah Afrika (sebagai bonus, di sana juga ada badak India yang belum pernah saya lihat sebelumnya) dan juga ke Kebun Binatang Ueno yang terkenal dengan gorilanya. Sama halnya sewaktu saya berada di Nanning dan Guangzhou, pada kesempatan tersebut saya melihat unta berpunuk dua dan takin.

Yani and penyu, ketika kita di Kebun Binatang Nanning.

Alasan lainnya, dan yang ini mungkin hanya dugaan saya semata, adalah iklim yang berbeda di tempat yang berbeda sehingga sifat binatang yang tinggal di sana pun berbeda. Saya tidak pernah mendengar raungan harimau sebelumnya sampai saya menginjakkan kaki di Kebun Binatang Guangzhou. Suaranya begitu keras dan terdengar dari kejauhan. Saya rasa harimau tersebut mungkin lapar karena dinginnya cuaca di saat permulaan musim semi, haha.

Sangat disayangkan bahwa saya tidak sempat ke Kebun Binatang London saat saya berlibur ke Inggris, tapi saya berharap masih ada kesempatan untuk itu di lain kali. Yang benar-benar ingin saya kunjungi adalah Kebun Binatang Biblical di Yerusalem. Dari namanya saja terdengar menarik karena berhubungan dengan kitab suci. Jadi ada yang berminat ke Israel?

Bersama Linda di Kebun Binatang Tama.

No comments:

Post a Comment