Total Pageviews


Saturday, February 17, 2018

Life Before Jakarta

The Life Before series, which started with Life Before Marriage and continued with Life Before Singapore, had been a fun writing experience so far. Not only I got a chance to look back, but I also finally could show the appreciation to all those people whom played pivotal roles in my life. Here's one that follows the same trend, focusing on the last four years in Pontianak, right after I graduated from high school, when I had a plan but fate chose to intervene.

I always wanted to go to Jogja for my college. However, after discussing with my uncle, the elder brother of my Dad, I had to accept the bitter fact that I just didn't have enough money to finish the study ("you'll only last a semester," were his exact words). I thought this was it for me, but both my aunties, my Dad's younger sisters who lived in Taiwan but happened to be visiting Pontianak, insisted that I should continue studying. They gave the combined amount of NT$ 5,000 and asked me to register to a local college, so I thanked and promised them I'd enroll myself into one. Hendri Muliadi, a good friend of mine, said he was going to STMIK Pontianak. Since he was smarter than me, I thought it'd be safe to just tag along, so I followed him there for registration, too.

With Hendri Muliadi, on the porch of my uncle's house. 

At the same time, another uncle of mine, this time the husband of my Mum's younger sister, put me on his payroll. I'd been living with them since high school, so the moment I graduated, he decided to employ me and gave me the first exposure of working life. He was running the operation of Kartika Hotel, a two star hotel in Pontianak, and a smaller inn across the Kapuas river called Wisma Siantan Indah, so he made me a so-called stock keeper cum procurement staff. After I knew how to drive, I also worked as a driver over the weekend. I was working seven days a week! By the way, studying in Pontianak didn't mean that "you'll only last a semester" situation wasn't applicable anymore, but now that I was working and earning Rp. 600K per month, I made just nice to pay for my study.

Still, by any standards, I was financially poor. At the price of Rp. 180K, my road bike was the most expensive possession I ever had at that time, one that costed me months of saving to buy. In a world where almost every youngster had a motorbike, I remember being very shy about the fact that I could only afford a bike. More often than not, I'd be going to campus with Hendri Muliadi, who'd been kind enough to fetch me everyday with his motorbike. If I had to go by myself, I would go very early to the campus and be the last one who left so that not many people would find out that I rode a bicycle. It was only in the fourth and last year of my college days that I learnt to live with it and became more comfortable in riding my bike openly.

The ladies and the lighting man.
From left: Taty, Suhana, Yoviana, Angelia, Angelina and Eday.

Aside from that moment, it was actually quite a happy period. Looking back, I had been capable of being happy since then. I didn't have much, but I always felt that I had enough. I had friends that I never lost touch with. Some such as Parno, Hendri Muliadi and Ardian were friends that I met almost on daily basis. Others like Endrico, Eday or Muliady were studying outside Pontianak, but when they came back during holiday, we would always hang out. I wrote books during my spare time, played a bit of music with the boys, wrote some tunes with Ardian and celebrated a couple of birthdays, the most notable one being Parno's birthday: we prepared everything for him as a surprise for his 20th birthday.

I also managed to travel to Kuching several times. The road trips were made possible because, among my peers, I was the first to apply for passport. It wasn't difficult, but it involved a lot of work that wasn't necessary to begin with, for example, just because I was of Chinese descent, the process was rather long-winded and there was at least one time where I had to go down just to shift my document from one table to another. Not only it was inefficient, but it was also racist and discriminating back then.

With Junaidi, our bass player. 

Work-wise, even though it was seven days a week, it wasn't as bad as it sounded. On the contrary, it was quite enjoyable. The colleagues, both in office and hotel, were very nice to me. I was especially close with the chef, probably because I was always aiming for free meals, haha. They were like older relatives to me, telling me things that I didn't know (they got all the original quotes based on their real life experiences, from motivational ones such as, "whatever you do, even when you only pick up shits, do your best to be number one," survival skills like, "make noise with your frying pans so that the boss knows you are working," to life irony, for example, "water spinach is, when eaten by rich people, they call it healthy, but when eaten by poor people, they call it a pity).

I'd start my day by doing the stock-keeping with each department, namely housekeeping, restaurant and kitchen, then I went around the town to top up the inventory, especially those that had to be kept as fresh as possible such as a loaf of sliced bread. When there was a wedding party, I did what I could to help out, from slicing the mushrooms to peeling the prawns. I'd drive to the wet market on weekend, a real test for any driver where even the slightest miscalculation in parking meant bumping into other vehicles. Sometimes I'd tag along for debt collecting, too, with Sukiman Ali, a middle aged Chinese man with a Malay name that camouflaged his surname, whom could talk about everything under the sun!

Ah Leng, a colleague at Kartika Hotel.

From the late afternoon to night time, I'd be attending two lecture classes from Monday to Friday. Frankly speaking, college days were like a blur, probably because there were too many things going on at the same time. I was busy with my work all week long, then there was my writing hobby as well so with what little time I had in between, I spent it with my high school friends. This was, perhaps, the reason why I wasn't really close with my college friends, except those who were originally from the same high school.

That's not to say that there wasn't any memorable moments. I once rode my trusted road bike the whole night just to gather all signatures for a petition to bar a lecturer from ever teaching us again. This lecturer was trying to bargain and have some personal gain after he failed my friend in her final exam, so he had to go. On a more personal level, I didn't understand a thing he taught, so yeah, he definitely had to go. On a lighter note, I did have some fun with my monthly newspaper publication. I also met four freshmen who'd become the inspiration of Crazy Campus, the first book I ever published later on in Jakarta.

Towards the end of my study, after considering the easy access to lecturer and computer, I quitted my first job and spent my last year in college by working and studying on campus. I was a computer lab assistant in the morning (best job ever to know girls and one that introduced me to Jun Fui, a computer genius who built the whole Lab B on Linux Red Hat), then worked on my dissertation in the afternoon, and carried on with classes in the evening. It went well as planned and I was the first to submit my paper and pass the final exam. After graduation, I flew with Jun Fui and Parno to Jakarta to begin the job hunting...

The freshmen (and women). 
From left: Muliady The, Budi Hendra, Anni, Suhana, Sylvia and Angelia.

Kehidupan Sebelum Jakarta

Serial Life Before, yang dimulai dengan Life Before Marriage dan dilanjutkan dengan Life Before Singapore, merupakan pengalaman menulis yang menyenangkan. Saya bukan saja bisa bernostalgia dan mengenang kembali masa lalu, tetapi juga berkesempatan untuk menunjukkan apresiasi saya pada mereka yang memainkan peran penting dalam hidup saya. Berikut ini adalah kisah serupa yang berfokus pada empat tahun terakhir saya di Pontianak, tepat setelah saya lulus dari SMA, ketika rencana saya dalam melanjutkan sekolah diintervensi oleh takdir.

Saya ingin kuliah di Jogja dulu. Akan tetapi, setelah berdiskusi dengan paman saya, akhirnya saya harus menerima nasib bahwa saya tidak akan punya cukup uang untuk menyelesaikan kuliah di sana ("paling kamu hanya bisa bertahan satu semester," demikian ucapannya saat itu). Sempat terpikir bahwa mungkin saya tidak akan kuliah lagi dan harus segera mencari kerja, namun dua bibi saya yang berdomisili di Taiwan dan kebetulan berada di Pontianak menasihati saya untuk tetap melanjutkan pendidikan. Tidak hanya itu, mereka juga memberikan saya 5.000 dolar Taiwan. Saya berterima kasih dan berjanji untuk mendaftarkan diri ke perguruan tinggi. Saat itu Hendri Muliadi, teman baik saya, berkata bahwa dia akan masuk ke STMIK Pontianak. Karena dia lebih pintar, saya percaya pada pilihannya dan turut serta untuk registrasi.

Mahasiswa Jogja dan Jakarta: Hartono dan Muliady AW.

Pada saat yang bersamaan, seorang paman yang lain pun mempekerjakan saya. Sejak SMA, saya sudah bersama paman yang satu ini dan begitu saya lulus, dia memberikan saya kesempatan pertama untuk memasuki dunia kerja. Saat itu dia menangani Hotel Kartika, sebuah hotel bintang dua, dan juga Wisma Siantan Indah yang berada tepat di seberang sungai Kapuas. Saya lantas diberikan pekerjaan untuk menangani inventaris kebutuhan hotel dan wisma. Setelah saya bisa mengemudikan mobil, saya juga mengisi lowongan supir yang kebetulan memang kosong di akhir pekan. Boleh dikatakan saya bekerja tujuh hari seminggu! Oh ya, kuliah di Pontianak tidak berarti bahwa saya tidak lagi berada dalam situasi "paling kamu hanya bisa bertahan satu semester," namun saya bekerja sekarang dan dengan gaji Rp. 600 ribu per bulan, saya kini mempunyai penghasilan yang cukup untuk membiayai kuliah saya. 

Kendati begitu, berdasarkan standar apa pun yang berlaku saat itu, saya masih termasuk kategori ekonomi sulit. Sepeda balap saya yang berharga Rp. 180 ribu adalah harta benda saya yang termahal saat itu. Butuh waktu menabung berbulan-bulan sebelum saya sanggup membelinya. Di lain sisi, saya hidup di dunia dimana hampir setiap pemuda seumuran saya memiliki motor ketika itu, jadi saya sebenarnya sangat malu dengan fakta bahwa saya hanya sanggup membeli sepeda. Oleh karena itu, saya sering pergi berboncengan motor ke kampus bersama Hendri Muliadi. Di kala saya harus pergi sendiri, biasanya saya akan pergi paling awal dan pulang paling malam supaya tidak banyak orang yang melihat saya mengambil sepeda di parkiran. Hanya di tahun keempat sekaligus terakhir saya mulai menerima kenyataan hidup dan bersepeda di depan rekan-rekan mahasiswa lainnya.

Semalam suntuk di rumah Ali.

Kecuali hal kecil di atas, periode ini sebetulnya cukup menyenangkan. Kalau saya lihat kembali, sejak saat itu saya mulai menyadari bahwa kegembiraan itu asalnya dari dalam hati, bukan tergantung pada apa yang saya miliki. Di kala itu, saya nyaris tidak mempunyai apa-apa, tapi saya hampir tidak pernah merasa miskin. Saya memiliki banyak teman dan tidak pernah putus hubungan dengan mereka yang satu SMA dengan saya dulu. Beberapa sahabat seperti Parno, Hendri Muliadi dan Ardian adalah teman sepergaulan setiap hari. Kawan-kawan lain seperti Endrico, Eday dan Muliady kuliah di luar Pontianak, tapi kita pasti berkumpul sewaktu mereka pulang ke kampung halaman di saat liburan. Saya juga sibuk menulis di kala senggang, bermain sedikit musik bersama Budi Hendra, Junaidi dan mereka yang satu aliran, menulis beberapa lagu bersama Ardian, serta merayakan beberapa ulang tahun, satu di antaranya adalah ulang tahun Parno: kita mempersiapkan segalanya sebagai kejutan untuk Parno di ulang tahunnya yang ke-20.

Dalam kurun waktu tersebut, saya juga sempat berkelana ke Kuching beberapa kali. Perjalanan dengan bis antar negara itu menjadi mungkin karena awalnya saya iseng mengurus paspor sendiri. Prosesnya tidak susah, tapi bertele-tele karena melibatkan berbagai hal yang tidak efisien dan rasis. Sebagai contoh, hanya karena saya adalah orang Tionghoa, aplikasi saya dibedakan dan ada suatu ketika dimana saya harus ke kantor imigrasi hanya untuk memindahkan berkas saya dari satu meja ke meja yang lain.

Di Kuching.

Mengenai perihal kerja, tujuh hari seminggu tidaklah seburuk yang dibayangkan. Justru sebaliknya, saya cukup menikmatinya. Para rekan kerja, baik yang di kantor maupun di hotel, sangatlah ramah. Saya paling akrab dengan para koki, mungkin karena saya selalu bermaksud untuk makan gratis, haha. Mereka ini seperti kerabat yang lebih tua sehingga sering berbagi cerita tentang pengalaman hidup, mulai dari yang memotivasi seperti, "apa pun yang kamu kerjakan, meskipun itu hanya memungut tahi, tetaplah menjadi yang paling unggul." Lantas ada lagi wejangan tentang dunia kerja, misalnya, "bikinlah keributan dengan panci-pancimu supaya bos tahu kamu bekerja." Yang lainnya, yang juga sering dibicarakan, adalah ironi kehidupan, contohnya, "kangkung itu, kalo dimakan orang kaya, dianggap sehat, tapi kalau dimakan orang miskin, kesannya justru kasihan karena ini adalah sayuran murah."

Rutinitas setiap pagi bagi saya adalah mendatangi setiap departemen, yakni bagian kamar, restoran dan dapur untuk mendata apa yang mereka butuhkan, setelah itu saya akan berkeliling kota untuk membeli apa yang kurang, terutama bahan makanan yang harus selalu segar, misalnya roti tawar. Di saat ada pesta pernikahan, saya membantu sebisanya, mulai dari mengiris jamur sampai mengupas udang. Di akhir pekan, saya akan mengemudi ke pasar Flamboyan, tempat dimana kemampuan saya senantiasa diuji karena sedikit kesalahan pada saat parkir berarti menabrak motor atau mobil lain yang diparkir berdempetan. Kadang saya akan ikut turut menagih ke langganan dan juga instansi pemerintah bersama Sukiman Ali, seorang Tionghoa setengah baya yang memiliki nama Indonesia yang menyamarkan marganya. Paman yang satu ini sangat lucu dan bisa bercerita apa saja.

Ahim, kasir restoran Hotel Kartika.

Menjelang senja hingga malam, saya bisa mengambil dua kelas dari Senin sampai Jumat. Secara jujur, tidak banyak yang saya ingat dari kegiatan saya di kampus, mungkin karena terlalu banyak aktivitas yang saya jalani ketika itu. Saya sibuk dengan pekerjaan dan juga hobi saya setiap hari, lalu sisa waktu biasanya dimanfaatkan untuk bertemu teman. Ini juga mungkin alasannya kenapa saya tidak begitu akrab dengan teman kuliah, kecuali mereka yang berasal dari satu SMA.

Akan tetapi ini tidak lantas berarti saya tidak memiliki kenangan masa kuliah. Saya ingat ketika saya bersepeda ke sana kemari di malam hari untuk mengumpulkan tangan tangan guna memboikot seorang dosen. Saya mengajukan petisi setelah mengetahui bahwa dosen ini terbukti mau memeras teman saya dengan memainkan nilai jika dia dibelikan buku. Secara pribadi, saya ngotot untuk tidak diajar lagi olehnya karena saya tidak mengerti apa yang diajarkan olehnya pada semester lalu. Akhirnya dosen ini pun tidak lagi bertemu dengan kita pada semester berikutnya. Kenangan lainnya yang lebih riang adalah koran bulanan yang saya terbitkan di kampus dulu. Selanjutnya masih ada lagi pertemuan saya dengan empat mahasiswa semester awal yang kelak akan menjadi inspirasi Crazy Campus, buku pertama yang pernah saya terbitkan di Jakarta.

Di tahun terakhir kuliah, setelah saya mempertimbangkan kemudahan dalam akses ke dosen dan komputer, saya akhirnya berhenti dari pekerjaan saya di hotel dan pindah ke kampus. Saya menjadi asisten di laboratorium komputer pada pagi hari (profesi yang populer untuk berkenalan dengan mahasiswi), kemudian menulis skripsi di sore hari dan melanjutkan kuliah di malam hari. Sesuai rencana, saya akhirnya menjadi mahasiswa pertama di kelas saya yang mengumpulkan skripsi dan lulus sidang. Setelah acara wisuda, saya pun berangkat ke Jakarta bersama Parno dan Jun Fui (kolega saya yang jenius dan membangun jaringan komputer Linux di kampus) untuk merantau dan mencari kerja di sana... 

Di kampus STMIK bersama Cicilia, Muliady and Yuliana.

No comments:

Post a Comment