Total Pageviews

Translate

Monday, March 8, 2021

Reading: Not Just A Hobby


You might have noticed that we had book reviews on Roadblog101. This is because I love reading books and comics. Reading was the oldest hobby of mine in the past 40 years. Long before I started watching movies and playing games, I read. But today, in the fast-paced world dominated by online streaming and social media, why do I still read? 

I never really thought of it until I had this bowl of KFC porridge. True story, haha. My friend Wawa noticed the book in the picture and asked innocently, "why Obama?" Then, as I explained the reason why, it dawned on me that reading was actually some form of listening and the readers listened willingly. 

The porridge and the book.

In order to understand the definition, first you had to know the type of books that I read. I like history and good stories, but I like biography the most. It didn't have to be Obama's. It could be about anybody else, like the Indian guy who rode a bike to Europe for love. It could even be the fictitious ones such as the life and times of Scrooge McDuck. As long as I found it intriguing, I'd read it. And if it was fascinating, I'd finish it.

When I read, I immersed myself in the world of the storytellers. The hardship they went through. The mistakes they made. The success they had. Everything. True that reading did open one's horizon, but by the time the book was finished, it reminded me again that miracle existed, hard work was rewarding and stayed true to what we believed was worth it. 

That's just what I needed. In real life where the routines took place, things were mundane and kind words were hard to come by, it was only human to feel tired and lose hope. What I read was often an encouragement and it restored my faith that life was good indeed. This is why I love reading. If you never liked reading before, perhaps now is the time to try it out...


Membaca: Bukan Sekedar Hobi

Anda mungkin memperhatikan bahwa Roadblog101 seringkali menampilkan ulasan buku. Saya bisa menulis ulasan karena saya banyak membaca buku dan komik. Membaca adalah hobi saya yang pertama dan terlama dalam 40 tahun hidup saya. Jauh sebelum saya mulai nonton dan main game, saya sudah membaca. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, di masa kini yang berjalan cepat dan didominasi oleh film online dan media sosial, mengapa saya masih membaca buku? 

Saya tidak pernah memikirkan jawabannya sampai saya menyantap bubur KFC ini. Ya, ini adalah kisah nyata, haha. Teman saya Wawa melihat buku di foto ini dan bertanya, kenapa saya membaca tentang Obama. Kemudian, di saat saya menjabarkan alasan saya, mendadak saya sadari bahwa membaca itu tak ubahnya seperti mendengarkan dengan seksama.

Bubur dan buku.

Untuk memahami pengertian di atas, anda harus tahu dulu, buku seperti apa yang saya baca. Saya menyukai sejarah dan cerita, tapi saya paling suka biografi. Saya tidak hanya membaca biografi orang tenar seperti Obama, tapi juga tentang orang biasa seperti pria Indian yang naik sepeda ke Eropa karena cinta. Bahkan kisah fiksi tentang Paman Gober pun saya jajal. Asalkan menarik, saya akan coba. Kalau bagus, akan saya baca habis.

Sewaktu saya membaca, saya terbuai dan terbawa ke dunia yang diceritakan oleh sang penulis. Saya membayangkan tentang kesulitan yang mereka lewati. Saya belajar dari kesalahan yang mereka perbuat. Saya tergugah dengan sukses yang mereka raih. Benar bahwa buku itu membuka wawasan kita, namun di kala buku itu selesai dibaca, saya kembali diingatkan bahwa keajaiban itu ada, kerja keras itu membuahkan hasil dan berpegang teguh pada apa yang kita percaya itu perlu dan sepadan hasilnya. 

Kadang inilah yang saya perlukan. Di kehidupan nyata dimana rutinitas yang monoton terjadi setiap hari dan kata-kata positif jarang diucapkan orang lain kepada kita, sungguh manusiawi bila kita merasa lelah dan bertanya, apakah gunanya jerih-payah kita. Apa yang saya baca di buku seringkali membuat saya kembali bersemangat dan percaya bahwa hidup ini pada dasarnya indah. Karena inilah saya suka membaca. Oleh karena itu, jikalau anda belum pernah membaca buku sampai tuntas, mungkin sudah saatnya anda mencoba...

No comments:

Post a Comment