Total Pageviews

Translate

Monday, December 30, 2019

Roadblog303

After 102,020 page views and 1092 days, here we are, reaching our 303rd blog post. It's Roadblog303! Yes, it took only 1.5 years to belt out 202 blog posts, so you might wonder why it also took roughly another 1.5 years to do just half of what we did before. Am I getting sick of it? Or running out of ideas?

I'd say none of those. I wrote because I liked it, not because I had to. At first, it was like a child discovering a whole new world. There were plenty to do! Lots of potentials and I'd like to test the limit. However, as time went by, what was fun started to feel like work. It was like, I was responsible for churning out stories on daily basis if that was even possible. I didn't want that, so as I began the third year, I decided to take it slow. Just a blog post per week. I loved the freedom of time that I had since I adopted that mindset, but most importantly, it felt great to have the unnecessary pressure removed!

Now, let's get sentimental and see what we had done before this one. I had new guest writers such as Wawa and the one with pseudonym DeViLsHGaL joining me this year. I had a great time retelling the life lesson I learnt from Hilary. I got busy imagining the grand adventure done by my friend Eday. I let go my grief and remembered the good times I had with my Dad. I looked back at the one and only time I saw Nagasaki. It had been a wonderful ride and a lot had happened since Roadblog202

There'd be more stories to come after this. If you recalled, the tagline of the blog said, "because we, the commoners, have stories to tell." That's basically what the guest authors and I are doing here. Some people, the Beatles for instance, changed the world. We could do that, too, even though what we did probably had a lesser impact and in a smaller scale. Good and inspiring stories are what we need to make the world a better place.

Some people told me writing was a daunting task and somehow I made it look easy. I'm afraid I did no such thing. Writing is indeed easy. If you could tell a story verbally, you could also put it into a writing form. Simple as that. Don't worry about copying any fancy writing styles, for your own style is what works for you. What's more important here is, don't let good stories go unnoticed. Write it and share it.

Exploring and hanging out with friends! You'll read the story soon!
Photo by Endrico Richard. 


Roadblog303 

Setelah dibaca 102.020 kali dalam 1092 hari, tibalah kita pada artikel ke-303. Ini adalah Roadblog303! Ya, hanya dibutuhkan waktu satu setengah tahun untuk menghasilkan 202 tulisan, jadi kenapa butuh satu setengah tahun pula untuk menghasilkan setengah dari total yang dicapai sebelumnya? Apakah saya sudah mulai bosan? Atau mulai kehabisan ide? 

Jawabannya bukan karena hal-hal yang disebutkan di atas. Saya menulis karena saya suka, bukan karena saya harus menulis. Ketika saya mulai menulis blog, rasanya seperti seorang bocah yang menemukan dunia yang baru. Banyak yang bisa dikerjakan. Begitu banyak potensi yang bisa dicoba. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, apa yang semula terasa seru mulai menjadi seperti sebuah pekerjaan. Rasanya seperti sebuah kewajiban untuk menghasilkan sebuah artikel setiap hari. Saya tidak menginginkan hal seperti itu, jadi begitu memasuki tahun ketiga, saya memutuskan untuk menulis dengan santai. Cukup satu tulisan per minggu. Setelah saya coba, saya suka dengan waktu luang yang saya miliki dan yang lebih penting lagi, lega rasanya setelah beban yang tidak perlu itu hilang.

Sekarang mari lihat kembali apa yang telah kita lalui. Beberapa penulis baru, Wawa dan DeViLsHGaL bergabung tahun ini. Saya menikmati saat-saat bercerita ulang tentang pelajaran hidup yang saya dapatkan dari Hilary. Saya sibuk membayangkan petualangan Eday yang luar biasa saat mengunjungi negara-negara yang eksotis. Saya menuangkan perasaan duka dan mengingat kembali masa-masa yang lebih gembira bersama ayah saya. Saya juga merenung tentang kunjungan saya ke Nagasaki. Singkat kata, menulis blog sungguh merupakan suatu hobi yang menyenangkan dan banyak yang telah ditulis sejak Roadblog202

Dan masih akan ada banyak cerita setelah ini. Jika anda ingat, moto dari blog ini adalah, "karena kita, orang-orang biasa, memiliki cerita untuk dibagikan." Ini adalah apa yang saya dan para penulis lainnya kerjakan. Beberapa tokoh, misalnya the Beatles, mengubah dunia. Kita bisa melakukan hal serupa juga, meski mungkin dalam skala dan dampak yang lebih kecil. Cerita yang positif dan memberikan inspirasi adalah apa yang kita butuhkan untuk membuat dunia ini menjadi lebih baik. 

Beberapa orang berkata pada saya bahwa menulis adalah sebuah pekerjaan yang sulit dan saya membuatnya terlihat mudah. Saya rasa tidak begitu, sebenarnya. Menulis itu memang gampang. Jika anda bisa bercerita secara langsung, anda pasti juga bisa menuliskan cerita anda. Sesederhana itu. Jangan pusing dengan gaya penulisan yang pernah anda baca di buku-buku lain, sebab gaya anda sendirilah yang paling cocok untuk anda. Yang lebih penting lagi adalah, jangan sampai cerita yang bagus hilang begitu saja. Tulis dan bagikanlah pada orang lain. 

No comments:

Post a Comment