Total Pageviews

Translate

Sunday, May 5, 2024

Plan In Motion

I first started realizing this after the last year's trip to Japan. Many trips had come and gone since then, from Europe to Thailand. The last two, the China trip and Hendra's visit, confirmed what I had been feeling so far: it is magical how things always happen beyond what I have planned.

In order to understand what I was saying just now, let's go back a bit. You've heard about Robinson Travel. In one sentence, it can be described as the time when I'm reading and working on itinerary of places I want to go. There's fun in planning and imagining how things will play out. And yes, it's quite rewarding when those who join the trip turn out liking it, too. 

But I also learnt through many experiences recently that despite what I did, I was never the one responsible for the magic and laughter during the trips. No, they were spontaneous. It takes the chemistry among the participants as well as the right place and the right time for the memorable moments to occur. Case in point: the time we were at Hard Rock or even one as simple as the ice cream story in Sentosa. And that's the great thing about traveling together. 

I love the unforgettable adventure into the unknown with people I call friends and the funny things that come along the way. For all I know, the greatest memories I'd treasure for the rest of my life, ones that really mattered the most to me, could happen any time. And I certainly want to be part of it. 

This is why I disagree with those who say that there's still next time. For the fact that there's no formula to recreate the magic of togetherness, then there's no such thing as next time. It is now or you'll miss it. You go next time with other people, what you get will be an entirely different experience. 

Eventually, it's about priority and the time we have. I don't really repeat the same places, therefore Java road trip is a big no-no. Been there, done that. As I only have limited off days in a year, I don't wish to repeat what I had done back in 2019. The risk of what I'll miss is acknowledged and accepted.

So tomorrow, the world! While solo trip is not necessarily a bad idea these days, my personal favorite is, of course, another holiday brought by Robinson Travel. Another year, another captain, another new destination. Like I said before, I enjoy to be just one of the guys. It's always good to have a short break from being someone's husband, father, son, boss, staff, etc. The thing is, the world's so big, so let's go to places we've never been before! The miracle will happen!

The Hard Rock moment.



Rencana Dan Realita

Saya pertama kali menyadari hal ini setelah liburan ke Jepang di tahun 2023. Banyak liburan yang terjadi dan berlalu setelah itu, mulai dari Eropa sampai Thailand. Dua yang terakhir, liburan ke Cina dan kunjungan Hendra, meyakinkan saya tentang apa yang saya rasakan selama ini: sungguh suatu keajaiban bahwa apa yang terjadi selalu melebihi apa yang saya rencanakan. 

Untuk memahami apa yang saya katakan barusan, mari kita mundur sedikit. Anda sudah dengar tentang Robinson Travel. Secara singkat, rangkumannya adalah saat saya membaca dan menyusun rute tempat-tempat yang ingin saya kunjungi. Ada rasa senang saat merencanakan dan membayangkan apa yang akan terjadi nanti dan ya, ada pula rasa gembira saat yang ikut serta memberikan komentar positif. 

Namun saya juga belajar berdasarkan pengalaman bahwa saya tidak bisa merencanakan momen dan tawa yang terjadi dalam perjalanan. Semua itu spontan, terjadi karena interaksi bersama di saat dan tempat yang tepat. Contohnya adalah saat di Hard Rock atau bahkan hal sesederhana es krim vanila di Sentosa. Hal seperti inilah yang membuat liburan itu menyenangkan. 

Saya suka petualangan tak terlupakan ke tempat baru bersama teman dan juga hal-hal lucu dan berkesan yang terjadi sepanjang perjalanan. Di saat seperti inilah kenangan terindah dalam hidup, yang merupakan hal penting bagi saya, bisa terjadi. Saya ingin menjadi bagian dari kenangan tersebut. 

Ini alasannya kenapa saya tidak setuju dengan pendapat yang dengan mudahnya mengatakan masih ada lain kali. Nyatanya tidak ada rumus untuk menciptakan kembali kebersamaan yang terjadi, oleh karena itu sudah pasti tidak ada lain kali. Kesempatannya hanya sekarang atau anda akan melewatkannya. Anda pergi ke tempat yang sama bersama orang lain, maka berbeda pula pengalamannya. 

Pada akhirnya, semua ini adalah tentang prioritas dan waktu yang kita miliki. Saya sebisa mungkin tidak kembali ke tempat yang sama, jadi rute seperti keliling Jawa tidak akan saya lakoni karena sudah pernah. Berhubung saya memiliki cuti yang terbatas, saya tidak ingin mengulang lagi apa yang telah saya lakukan di tahun 2019. Resiko tentang apa yang saya lewatkan sudah saya pahami dan terima.  

Jadi mari melanglang buana! Walau berlibur sendiri bukanlah ide yang buruk di zaman sekarang, favorit saya tentu saja liburan bersama Robinson Travel. Tahun yang berbeda, kapten yang berbeda, tujuan yang berbeda pula. Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya menikmati saat-saat hanya menjadi bagian dari teman-teman seangkatan. Kadang saya perlu berlibur dari peran sebagai seorang suami, ayah, anak, direktur, karyawan dan lain sebagainya. Dunia begitu luas, jadi mari bepergian ke tempat yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya. Sesuatu yang menakjubkan akan terjadi!

No comments:

Post a Comment